Jumat, 21 September 2012

CONTOH ASPEK PEMASARAN


I.          ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
A.    Potensi Pasar
·         Prospek Permintaan.
CV. REJEKI HALAL dalam memperoduksi barang tetap exist terhadap selera konsumen sehingga prospek permintaan dari tahun ketahun mengalami peningkatan tentunya ini disebabkan kue tart yang diciptakan terus mempertahankan kualitas makanan dan bahan baku yang berkualitas tinggi . Dan para pekerja memiliki skill dan pengalaman yang cukup di andalkan, Sehingga permintaan konsumen semakin bertambah karena mereka merasa untung membeli kue tart dari CV. REJEKI HALAL.
Diharapkan dengan produk makanan seperti itu maka akan dilirik oleh konsumen karena memiliki ciri tersendiri dimana para konsumen dapat menemukan makanan yang sesuai dengan harapan dan selera konsumen Adapun data permintaan dari tahun 2012 – 2016

Tahun
Jumlah yang terjual (kue tart/buah)
2012
50
2013
60
2014
70
2015
80
2016
90

·         Prospek Penawaran.
CV. REJEKI HALAL menawarkan produk dengan cara membuat brosur dan membagikan kesejumlah tempat/keramaian serta memberikan diskon kepada konsumen yang memesan dalam jumlah banyak serta mempromosikan secara langsung. Dan biasanya mempertimbangkan usulan konsumen sehingga mekanisme harga dapat berjalan sesuai yang diinginkan antara perusahaan dengan konsumen




Adapun penawaran produk kami dari tahun 2012 - 2016 adalah :
Tahun
Jumlah yang ditawarkan (kue tart/buah)
2012
60
2013
70
2014
80
2015
90
2016
100

B.     Peramalan
Setiap perushaan hendaknya bisa meramalkan data penjualan dimasa yang akan datang agar terjadi kesesuaian antara harapan dan visi misi perusahaan adapun data penjualan kami adalah
Tahun
Jumlah yang terjual (buah)
2012
50
2013
60
2014
70
2015
80
2016
90
            Dari data diatas maka dapat diramalkan jumlah kue yang terjual di tahun yang akan datang
Tahun
Y
X
X2
Y2
XY
2012
50
0
0
2500
0
2013
60
1
1
3600
60
2014
70
2
4
4900
140
2015
80
3
9
6400
160
2016
90
4
16
8900
180
350
10
30
26300
540
           



Jadi dapat dihitung :
X =
∑X
=
10
=
2
n
 5

Y =
∑Y
=
   350
=
70
n
      5


b =
∑XY - X∑Y
∑X2 - X∑X

b =
540 – (2) (350)
30 – (2) ( 10)

b =
540 – 700
30 – 20

b =
160
   10

b =
16

            Mencari Nilai a
a  =
Y - bX
a  =
350 – 16 (2)
a  =
350 – 32
a  =
318


            Y = a + bx
2017
=
318
+
16 (6)
=
96
2018
=
318
+
16 (7)
=
112
2019
=
318
+
16 (8)
=
128
           


Jadi hasil peramalan dari data diatas maka pada dapat diprediksi
Tahun
Y (kue)
2017
96
2018
112
2019
128

C.    Program Pemasaran
·         Produk
v  Merk
Adapun merk produk kami yaitu sesuai dengan kualitas produk kami maka kami beri merk “tar cake”
v  Segmen
Produk ini diperuntukkan untuk semua khalangan
v  Positioning
“tar cake” dari CV.REJEKI HALAL diujamin tidak mengecawakan costumer  
·         Kebijakan Harga
CV. REJEKI HALAL menawarkan harga yang terjangkau sesuai dengan prinsipnya anda puas kami senang. Adapun harga yang ditetapkan adalah Rp. 50000/buah
·         Saluran Distribusi      
Pendistribusian CV. REJEKI HALAL secara langsung ke konsumen.
·         Promosi
Promosi produk REJEKI HALAL dengan cara memperlihatkan sample kepada kunsumen dan setelah terjadi kesapakatan maka pihak REJEKI HALAL baru memproses pesanan konsumen. Dan memberikan harga khusus dalam partai banyak tergantung dari kesapakatan.

D.    Analisis SWOT
1.      KEKUATAN (STRENGHT)
a.      Dekat bahan baku
Untuk bahan baku kami tidak terlalu khawatir kami bisa mendapatkan di swalayan terdekat. Dengan dekatnya bahan baku maka CV. REJEKI HALAL dapat mengefesienkan waktu
b.      Letaknya sangat strategis
Dengan strategisnya lokasi perusahaan maka konsumen tanpa dengan sengaja bisa langsung melihat produk kami. Sehingga dapat mempermudah promosi kami

2.      KELEMAHAN (WEAKNESS)
a.      Banyaknya pesaing.
Banyaknya pesaing tentu juga persaingan akan semakin ketat. Persaingan tidak sehat kadang terjadi sehingga dapat mempengaruhi kestabilan harga
b.      Modal yang terbatas
Salah satu faktor produksi adalah modal, modal yang dimiliki oleh CV. REJEKI HALAL masih terbatas sehinggat produk yang dihasilkan masih juga terbatas

3.      PELUANG (OPPURTUNITIES)
a.      Pola dan berbagai macam bentuk
Pola dan bentuk tidak hanya kami dapat dari pesanan costumer tapi juga dengan melalui majalah juga internet
b.      Corak warna kue yang sangat menarik
Dengan corak yang tampil beda sehingga memiliki daya tarik tersendiri sehingga produk banyak disenangi oleh konsumen

4.      ANCAMAN (THREATS)
a.      Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia atau tenaga kerja pada CV. REJEKI HALAL tidak menetap sehingga dapat mempengaruhi proses produksi.





Tidak ada komentar: