I.
ASPEK PASAR
DAN PEMASARAN
A.
Potensi Pasar
·
Prospek Permintaan.
CV.
REJEKI HALAL dalam memperoduksi barang tetap exist terhadap selera konsumen
sehingga prospek permintaan dari tahun ketahun mengalami peningkatan tentunya
ini disebabkan kue tart yang diciptakan terus mempertahankan kualitas makanan dan
bahan baku yang berkualitas tinggi . Dan para pekerja memiliki skill dan
pengalaman yang cukup di andalkan, Sehingga permintaan konsumen semakin
bertambah karena mereka merasa untung membeli kue tart dari CV. REJEKI HALAL.
Diharapkan
dengan produk makanan seperti itu maka akan dilirik oleh konsumen karena
memiliki ciri tersendiri dimana para konsumen dapat menemukan makanan yang sesuai
dengan harapan dan selera konsumen Adapun data permintaan dari tahun 2012 – 2016
Tahun
|
Jumlah yang terjual (kue tart/buah)
|
2012
|
50
|
2013
|
60
|
2014
|
70
|
2015
|
80
|
2016
|
90
|
·
Prospek Penawaran.
CV.
REJEKI HALAL menawarkan produk dengan cara membuat brosur dan membagikan
kesejumlah tempat/keramaian serta memberikan diskon kepada konsumen yang memesan
dalam jumlah banyak serta mempromosikan secara langsung. Dan biasanya
mempertimbangkan usulan konsumen sehingga mekanisme harga dapat berjalan sesuai
yang diinginkan antara perusahaan dengan konsumen
Adapun
penawaran produk kami dari tahun 2012 - 2016 adalah :
Tahun
|
Jumlah yang ditawarkan (kue tart/buah)
|
2012
|
60
|
2013
|
70
|
2014
|
80
|
2015
|
90
|
2016
|
100
|
B.
Peramalan
Setiap
perushaan hendaknya bisa meramalkan data penjualan dimasa yang akan datang agar
terjadi kesesuaian antara harapan dan visi misi perusahaan adapun data
penjualan kami adalah
Tahun
|
Jumlah yang terjual (buah)
|
2012
|
50
|
2013
|
60
|
2014
|
70
|
2015
|
80
|
2016
|
90
|
Dari data
diatas maka dapat diramalkan jumlah kue yang terjual di tahun yang akan datang
Tahun
|
Y
|
X
|
X2
|
Y2
|
XY
|
2012
|
50
|
0
|
0
|
2500
|
0
|
2013
|
60
|
1
|
1
|
3600
|
60
|
2014
|
70
|
2
|
4
|
4900
|
140
|
2015
|
80
|
3
|
9
|
6400
|
160
|
2016
|
90
|
4
|
16
|
8900
|
180
|
∑
|
350
|
10
|
30
|
26300
|
540
|
Jadi dapat dihitung :
X =
|
∑X
|
=
|
10
|
=
|
2
|
n
|
5
|
Y =
|
∑Y
|
=
|
350
|
=
|
70
|
n
|
5
|
b =
|
∑XY
- X∑Y
|
∑X2
- X∑X
|
b =
|
540 – (2) (350)
|
30 – (2) ( 10)
|
b =
|
540 – 700
|
30 – 20
|
b =
|
160
|
10
|
b =
|
16
|
Mencari
Nilai a
a =
|
Y -
bX
|
a =
|
350 – 16 (2)
|
a =
|
350 – 32
|
a =
|
318
|
Y = a + bx
2017
|
=
|
318
|
+
|
16 (6)
|
=
|
96
|
2018
|
=
|
318
|
+
|
16 (7)
|
=
|
112
|
2019
|
=
|
318
|
+
|
16 (8)
|
=
|
128
|
Jadi hasil peramalan dari data diatas maka pada dapat
diprediksi
Tahun
|
Y (kue)
|
2017
|
96
|
2018
|
112
|
2019
|
128
|
C.
Program
Pemasaran
·
Produk
v
Merk
Adapun
merk produk kami yaitu sesuai dengan kualitas produk kami maka kami beri merk “tar
cake”
v
Segmen
Produk
ini diperuntukkan untuk semua khalangan
v
Positioning
“tar
cake” dari CV.REJEKI HALAL diujamin tidak mengecawakan costumer
·
Kebijakan Harga
CV.
REJEKI HALAL menawarkan harga yang terjangkau sesuai dengan prinsipnya anda
puas kami senang. Adapun harga yang ditetapkan adalah Rp. 50000/buah
·
Saluran Distribusi
Pendistribusian
CV. REJEKI HALAL secara langsung ke konsumen.
·
Promosi
Promosi
produk REJEKI HALAL dengan cara memperlihatkan sample kepada kunsumen dan
setelah terjadi kesapakatan maka pihak REJEKI HALAL baru memproses pesanan
konsumen. Dan memberikan harga khusus dalam partai banyak tergantung dari
kesapakatan.
D.
Analisis SWOT
1.
KEKUATAN (STRENGHT)
a.
Dekat bahan baku
Untuk bahan baku kami tidak terlalu khawatir kami bisa
mendapatkan di swalayan terdekat. Dengan dekatnya bahan baku maka CV. REJEKI
HALAL dapat mengefesienkan waktu
b.
Letaknya sangat strategis
Dengan strategisnya lokasi perusahaan maka konsumen tanpa
dengan sengaja bisa langsung melihat produk kami. Sehingga dapat mempermudah
promosi kami
2.
KELEMAHAN (WEAKNESS)
a.
Banyaknya pesaing.
Banyaknya pesaing tentu juga persaingan akan semakin ketat.
Persaingan tidak sehat kadang terjadi sehingga dapat mempengaruhi kestabilan
harga
b.
Modal yang terbatas
Salah satu faktor produksi adalah modal, modal yang dimiliki
oleh CV. REJEKI HALAL masih terbatas sehinggat produk yang dihasilkan masih
juga terbatas
3.
PELUANG (OPPURTUNITIES)
a.
Pola dan berbagai macam bentuk
Pola dan bentuk tidak hanya kami dapat dari pesanan costumer
tapi juga dengan melalui majalah juga internet
b.
Corak warna kue yang sangat menarik
Dengan corak yang tampil beda sehingga memiliki daya tarik
tersendiri sehingga produk banyak disenangi oleh konsumen
4.
ANCAMAN (THREATS)
a.
Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia atau tenaga kerja pada CV. REJEKI HALAL
tidak menetap sehingga dapat mempengaruhi proses produksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar