Kamis, 27 September 2012

Bisnis Adsense

MEMAHAMI LOGIKA BISNIS GOOGLE ADSENSE (GA)

Beberapa rekan yang kirim email ke saya banyak yang menanyakan kebenaran akan adanya bisnis Google adsense Mereka kebanyakan ragu dan bertanya apa benar google akan membayar uang ke kita, lalu darimana sumber uang google.
Bagi mereka yang baru mengenal bisnis GA, wajar saja bila ada keraguan atau timbul pertanyaan seperti di atas.

Bagi anda yang belum tahu apa itu google adsense, sekedar gambaran : Bisnis ggogle adsense yang dimaksud disini adalah kita sebagai publsher mendaftarkan web milik kita ke GA kemudian setelah disetujui aplikasi pendaftaran tsb kita bisa mendapatkan kode - kode HTML dari GA, dimana kode kode ini bila di pasang di web kita akan berubah menjadi iklan yang akan muncul di web kita. Bila iklan ini di klik oleh orang yang mengunjungi web kita, maka kita akan mendapat komisi bayaran dari Google adsense. Limit pembayaran adalah minimal 100 $ baru bisa dikirim ke alamat kita. Sebagai pengikut program tsb kita harus tunduk kepada semua peraturan peraturan yang telah dibuat oleh Google. Sekali melanggar kita akan kena banned alias dikeluarkan status keanggotaan kita.

Bagi anda yang ingin tahu cara mendaftar dan peraturan GA silahkan baca disini.

Seperti pertanyaan di atas, dari mana sumber uang GA untuk membayar kita sebagai publisher?

Untuk menjelaskan hal ini Kita buat aja sebuah perbandingan seperti ini :

Google Adsense = Stasiun TV (Misalnya RCTI, SCTV dll)

Kita sebagai pemilik web (mis web tentang info Computer) = Produser acara TV (Mis Indonesian Idol, sinetron)

Iklan di Web kita = Iklan di TV

Pemasang iklan di GA = Pemasang iklan di TV


Stasiun TV akan menerima pendaftaran dari produser agar bisa menayangkan acaranya di TV tsb. Setelah pendaftaran disetujui tentunya ada kesepakatan / peraturan yang harus dipenuhi. Kemudian acara tsb bila menarik banyak pemirsa / pengunjung maka akan menaikkan rating yang pada akhirnya akan banyak iklan yang nebeng di acara tersebut. Disinilah kuncinya, produser akan mendapat bayaran dari stasiun TV, semakin bagus acaranya dan iklannya banyak maka dia juga akan semakin besar penghasilannya. jangan lupa iklan2 tsb muncul karena ada pemasang iklan yang ingin memasarkan productnya melalui media TV. Tentu para pemasang iklan ini harus membayar uang dalam jumlah tertentu kepada pihak stasiun TV.

Perlu dicatat disini bahwa produser tidak mendapat bayaran secara langsung dari pemasang iklan tetapi melalui stasiun TV tsb. Yang mempunyai hak mengatur tentang kemunculan iklan tentunya pihak stasiun TV juga. Bisa anda simpulkan bahwa sumber uang sebenarnya berasal dari PARA PEMASANG IKLAN.



Nah sama persis dengan analogi di atas. Di Bisnis GA, para pemasang iklan membayar ke GA agar iklan - iklanmereka bisa ditampilkan melalui media Web. Kemudian GA akan membayar ke pimilik web yang terpasangi oleh iklan - iklan tsb. Semakin banyak yang mengunjungi web kita dan banyak yang menge-klik iklan - iklan tsb maka penghasilan kita sebagai pemilik web juga akan semakin besar.
Sama seperti cerita dia atas, lagi - lagi sumber uang sebenarnya berasal dari Para pemasang iklan. Sebagai pemilik Web kita tidak langsung mendapat bayaran dari pemasang iklan tetapi kita mendapat bayaran melalu GA. Untuk bisa ikut program ini kita harus mendaftar dan tunduk pada kesepakatan / peraturan yang dibuat GA.

Kemudian timbul pertanyaan, mengapa para pemasang iklan mau memasang dan membayar ke Google adsense.
Yah sedikit perlu anda ingat, Google adalah salah satu perusahaan yang konon asetnya sama dengan kekayaan suatu negara, lagian bagi pengguna internet siapa yang tidak kenal dengan mesin pencari yang bernama GOOGLE. Mungkin hal itulah yang menjadi jaminan sehingga para pemasang iklan rela merogoh kocek untuk mempromosikan iklannya di media internet melalui jaringan google.

Ok gitu aja deh sedikit penjelasan semoga bermanfaat bagi mereka yang baru mencoba ingin ikut bisnis GA

Tidak ada komentar: